Keputusan Honda memasangkan tabung di shockbreaker milik ADV 150, sempat menyita perhatian banyak kalangan. Sebab, komponen tersebut sebelumnya hanya dipasangkan di motor sport tanpa fairing, yakni Tiger.
Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno mengatakan, ada beberapa keunggulan dari suspensi sub tank, yaitu mampu meredam getaran ketika sepeda motor melintasi kondisi jalan bergelombang, dan memberikan traksi lebih baik saat menikung.
“Karena walaupun matik, konsep utama ADV kan adventure. Jadi harus ada sensasi off road. Dan untuk mengakomodasi hal itu, suspensi sub tank tentu lebih baik ketimbang single tube,” ungkap Endro di aula satu ICE BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu.
Sebagai informasi, cara kerja suspensi single tube, adalah udara dan oli berada di dalam satu ruang, dan hanya dipisahkan tekanan. Sementara pada suspensi sub tank, udara tersekat sendiri di bagian sub tank, dan oli berada di tabung utama.
0 comments:
Post a Comment